Senin, 11 Januari 2010

contoh permasalahan komputer beserta solusinya

BERAPA CONTOH MASALAH YANG TERJADI PADA KOMPUTER BESERTA SOLUSINYA
  1. KOMPUTER SERING HANG
Masalah : komputer bisa booting dengan baik dan normal tetapi pada saat di pakai bekerja, kompiter sering kali hang dan macet secara tiba-tiba. kondisi pada saat hang pun bermacam-macam . mulai dari program yang tidak bisa di jalankan, mouse tidak bisa bergerak, keyboard tidak bisa berfungsi sampai muncul blue screen. hal itu tentu saja sangat menganggu pekerjaan karena seringkali data kita hilang karena lupa belum disimpan pada saat bekerja.
Solusi :banyak hal yang dapat menyebabkan komputer sering hang. tetapi secara garis besar, yang menyebabkan komputer sering hang di bagi menjadi dua kelompok secara software mengalami crash dan hang yang di sebabkan karena hardware yang mengalami crash.

secara software mengalami crash
  • tekan kombinasi tombol Ctrl+Alt+Del secara bersamaan. maka akan muncul beberapa progarm aktif yang menerangkan not responding. program itulah yang menyrbabkan komputer menjadi hang
  • catat program yang berketerangan not respondingkemudian matikan dengan menekan end task
  • tutup prigram yang tidak perlu. caranya klik nama program tersebut klik  end task. setelah program not responding di tutup maka biasanya  komputer akan kembali normal.
  • jika komputer masih hang, restart sistem melalui tombol restrart yang terdapat pada CPU.
  • setelah sistyem berjalan kembali. lakukan pengecekan komputer dengan membuka salah satu program yang sebelumnya not responding. dilakukan untuk mengecek aplikasi yang sebenarnya menjadi konflik. jika ketahuan catat nam program tersebut dan  lakukan instalasi ulang.
 secara hardware
penyebab masalah secara hardware bermacam-macam seperti perangkat lam yang sudah tuasehingga berbenturan dengan perangkat yang baru. konflik tersebut bisa disebabkan karena pengguna intertup yang tumpang tindih hingga menyebabkan salah satu perangkatnya menjadi tidak normal.untuk mengatasinya lakukan reinstall windows. sebaiknya lepaskan perangkat yang baru agar membiarkan perangkat lama untuk terdeteksi windows  terlebih dahulu.


2. koneksi ke scanner gagal


Masalah  : koneksi ke scanner untuk melakukan proses scan biasanya muncul kesalahan  "Scanner access failed" hingga gagal prose scan.
Solusinya : ketika anda akan mengoperasikan scanner dan tiba-tiba muncul pesan tersebut maka kemungkinan besar penyebabnya adalah scanner yang belum terkoneksi  secara hardware kekomputer. biasa disebabkan karena card SCSI interface tidak terpasang dengan benar. maka akan menganggu hubungan antara scanner dan card
perlu juga di ingat bahwa waktu menghidupkan komputer, perangkat scanner harus di hidupkan terlebih dahulu. proses booting akan mendeteksi dan mencari koneksi komputer ke scanner. tetapi proses itu di abaikan jika scanner nya belum nyala.


DARI CONTOH PERMASALAHAN DIATAS, TENTUNYA ADA PERMASALAHAN YANG TERJADI SELAIN DARI INI. ANDA DAPAT BERKONSULTANSI KEPADA KAMI....

Tidak ada komentar: